Minggu, 06 Maret 2011

Tutorial Gratis Cara Membuat Website bagi Pemula

Jika Anda ingin belajar bagaimana cara membuat website, di sinilah tempatnya. Melalui berbagai toturial dan tips gratis di sini, Anda akan bisa membangun sebuah website yang baik. Meskipun Anda adalah seorang pemula yang belum mengerti sama sekali tentang website, Anda bisa belajar di sini.

Apa yang kita perlu lakukan untuk membangun sebuah website?

1. Mendaftarkan Nama Domain.

Nama domain adalah alamat dari website Anda. Seperti ketika kita mengetik www.google.com.

Nama ini bisa kita dapatkan dengan cara mendaftarkannya ke registrar, yaitu perusahaan yang menyediakan layanan pendaftaran nama domain. Misalnya Godaddy, salah satu perusahaan registrar terbesar.

Harga sebuah domain berkisar USD$10 per tahun untuk nama yang berakhiran dengan .com / .net / .org. Jika kita ingin harga domain yang lebih murah lagi (ada yang lebih murah dari USD$ 1 per tahun), Anda bisa memilih domain berakhiran .info / .mobi.

Jika tujuan Anda hanya sekadar ingin coba-coba saja, Anda bisa mendapatkan nama domain secara gratis berakhiran .co.cc (contoh: namadomain.co.cc).

Namun, jika Anda berencana untuk mengembangkan website yang lebih serius, saya menyarankan untuk memilih nama domain yang berbayar, toh tidak terlalu mahal dan lebih terkesan bonafid.

2. Memilih Web Host

Sebuah website memerlukan sebuah komputer server untuk meletakkan semua filenya. Untuk itu, kita perlu menyewa tempat pada perusahaan penyedia Webhosting.

Kini sudah ada banyak perusahaan dari Indonesia yang menyediakan layanan ini, seperti Baliorange, Jagoan Hosting, dan lain-lain. Harganya bermacam-macam, mulai dari Rp. 50.000,- per tahun tergantung dari paket yang Anda inginkan.

Jika Anda ingin space yang tidak terbatas, Anda bisa mencoba Web Host dari luar negeri, seperti HostGator yang menyediakan Unlimited Space hanya dengan USD$ 4,9 per bulan.

Webhosting dari luar negeri biasanya menyediakan fasilitas Website Builder (software untuk membangun website dengan drag and drop, tanpa perlu mengerti sama sekali tentang HTML).

3. Software untuk Membangun Website.

Adobe Dreamweaver adalah program yang populer dan banyak digunakan orang untuk membangun website mereka. Selain disertai fitur yang canggih, program ini juga sangat user-friendly.

Jika kita memilih webhosting yang sudah disertai dengan perangkat (tool) untuk membangun website, kita tidak memerlukan software lagi.

Atau, Anda juga bisa belajar HTML dan mengembangkan web dengan menggunakan editor gratisan, seperti Notepad ++ . Tidak terlalu sulit dan ada forum yang bisa membantu jika kita mengalami kesulitan. Namun, jika Anda tidak ingin belajar HTML, Anda juga bisa mendownload template gratis dan mengeditnya menggunakan Dreamweaver.

Tutorial Dreamweaver : Langkah demi langkah membuat website sederhana

Website Gratis?

Cara yang paling mudah untuk membuat website gratis adalah dengan menggunakan WordPress.

Awalnya, WordPress dikenal sebagai platform untuk membuat blog, tetapi sekarang banyak dipakai orang untuk membuat website pada umumnya. Bahkan menurut Wikipedia, 300 dari 10.000 website terbesar menggunakan WordPress sebagai platform-nya. Total sudah ada lebih dari 200 juta website yang menggunakan wordpress.

Menghasilkan Uang dari Internet

Banyak orang yang berpikir untuk bisnis online atau bisnis internet. Tentu saja ada beberapa cara untuk menghasilkan uang dari dunia maya.


0 komentar:

Posting Komentar

Tulislah apa yang ingin Kamu tulis mengenai Artikel & Blog ini...

KumpulBlogger

Template by:

Free Blog Templates